Monday, June 6, 2016

Antara Startup atau Corporate

Leave a Comment
halo kawan,

wabah Startup sedang melanda para generasi muda saat ini, banyak dari mereka mencoba untuk membangun startup mereka sendiri. mulai dari startup transportasi, kuliner, bahkan software house. sedangkan mereka sendiri masih belum begitu mengenal dengan dunia bisnis itu sendiri. kebanyakan mereka hanya melihat hebatnya startup dari hasil akhir yang terlihat begitu WOW. sebenarnya bisnis startup tak jauh beda dengan metode bisnis-bisnis lain yang tentunya memerlukan modal serta channel bisnis yang luas. kemampuan hardskill saja masih belum cukup untuk membuat sebuah perusahaan startup menjadi sehebat startup yang sedang booming sekarang ini. misalnya TOKOPEDIA, mereka mendapatkan kucuran dana dari beberapa investor sejumlah million usd $


startup vs corporate

berikut dibawah ini adalah beberapa perbandingan antara Startup dan Corporate....

startup vs corporate
dari segi Proactive

Startup : Pekerjaan yang dihasilkan dengan memulai inisiatif 
dalam hal ini anda tidak akan mendapatkan apapun apabila tidak memiliki inisiatif untuk memulai ataupun inisiatif untuk menjadikan kemampuan anda sendiri menjadi sebuah startup.

Corporate : Pekerjaan yang dihasilkan dari hal reaktif
dalam hal ini permasalahan akan muncul baik dari klien anda maupun dari atasan untuk anda selesaikan. untuk mencapai suatu target tententu dan tujuan yang sudah ditentukan hingga dapat anda selesaikan hingga tuntas.

startup vs corporate
dari segi dampak

startup : dalam hal ini kesalahan yang anda lakukan juga akan berimbas pada kerusakan atau kerugian pada startup yang anda buat, namun peningkatan kinerja yang anda lakukan juga akan menambah kredibilitas startup yang anda buat. sehingga semua dampak pada startup berasal dari anda dan menentukan kekuatan startup anda.

corporate : dalam hal ini anda hanya akan mendapatkan dampak kecil dari setiap peristiwa / permasalahan yang terjadi sekalipun anda melakukan kesalahan ataupun tidak, namun itu tak berarti anda bukan penyebab dari permasalahan tersebut

startup vs corporate
dari segi tanggung jawab
startup : tanggung jawab anda pada startup yang anda buat ini sangat tidak bisa dibayangkan, anda diharuskan selalu bisa dalam menangani berbagai hal terutama pada awal-awal pendirian. anda akan menjalani berbagai kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. jadi persiapkan diri anda

corporate : tanggung jawab anda sebagai pekerja corporate sangatlah stabil, anda akan berada pada salah satu posisi dan hanya menjalankan tugas atau kegiatan-kegiatan tertentu berdasarkan posisi anda. tanggung jawab anda hanya pada kinerja kelompok ataupun sendirian bila dalam satu posisi tersebut terdapat beberapa orang. hidup anda akan terasa lebih nyaman.

startup vs corporate
dalam segi pembelajaran
startup : anda diharuskan untuk belajar mandiri dalam segala hal, mampu menjalankan berbagai kegiatan sekaligus dan berubah ubah setiap waktunya. grafik perkembangan anda akan meningkat setingkat dengan peningkatan kemampuan anda. anda akan jarang sekali mendapatkan bantuan dalam belajar. startup anda pun akan tumbuh sebagaimana anda juga tumbuh.

corporate : perusahaan akan mencoba meningkatkan kemampuanmu dengan berbagai pelatihan, kursus serta berbagai perangkat penunjang kemampuan anda untuk menunjang pekerjaan anda. anda akan seringkali mendapatkan pelatihan-pelatihan yang bertujuan selain untuk meningkatkan kemampuan anda tetapi juga meningkatkan kredibilitas perusahaan

startup vs corporate
dalam segi tim
startup : anda akan mengandalkan satu sama lain dalam hal kelompok atau tim, serta memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan kredibilitas startup yang anda miliki, baik anda bekerja dalam tim ataupun tidak anda akan tetap mendapatkan dampak dalam hal pekerjaan maupun dalam hal pembelajaran. dan apabila tim anda gagal maka anda juga akan gagal.

corporate : anda akan bekerja sama dengan berbagai orang dari perusahaan anda atau tetap bekerja secara individual. tujuan utama anda tidak akan memberikan dampak besar pada tim anda namun pada perusahaan. sebuah tim akan lebih banyak terjadi kompetisi, baik itu dalam hal pendekatan ke atasan, mencoba menjatuhkan lawan, maupun hanya memanfaatkan seorang teman.

startup vs corporate
dalam segi pembayaran 
startup : dalam awal-awal pendirian startup anda diharuskan hidup dalam kondisi kecukupan karena kurangnya sumber daya maupun modal. anda harus menyisihkan beberapa modal yang anda miliki untuk kepentingan startup namun apabila startup anda sukses maka anda sendiri yang akan menikmatinya

corporate : kondisi pembayaran anda akan stabil, dan biasanya keuangan sudah ditentukan sebelumnya berdasarkan kebijakan perusahaan dan posisi anda. meskipun begitu anda akan sedikit mengalami kesulitan apabila membutuhkan modal lebih.

startup vs corporate
dalam segi komitmen
startup : setiap hal yang menimpa anda baik itu sakit, stres, ataupun kebahagian yang anda rasakan akan berdampak pada performa startup yang anda miliki. hal ini juga berdampak pada kehidupan anda . jika anda founder dari startup  maka bersiaplah untuk kurang tidur saat malah hari. anda akan merasakan stress berlebih.

corporate :  anda akan meiliki keseimbangan dalam hidup, anda bisa meninggalkan kerja setelah jam usai dan tak perlu memikirkan perusahaan tempat anda bekerja. pada akhirnya perusahaan akan sama setelah keesokan harinya.

startup vs corporate
dalam segi tunjangan 
startup : saat startup mencoba membuat sistem kerja yang menyenangkan anda hanya akan menikmati berbagai makanan kecil seadanya dan beberapa minuman ringan saja.  startup tidak mampu membiayai anda untuk sekedar menyegarkan diri di tempat wisata ataupun memberika tunjangan lain. hal itu karena startup masih dalam tahap perkembangan.

corporate : perusahaan besar memiliki pendanaan yang jauh lebih besar sehingga perusahaan akan memberikan tunjangan yang cukup besar bagi anda, dan biasanya digunakan untuk mereka yang memiliki kinerja yang baik.

startup vs corporate
dalam segi jabatan
Startup : jabatan yang anda raih akan secara cepat berubah berdasarkan kemampuan anda dalam melakukan berbagai hal yang dapat meningkatkan kredibilitas startup. dan pada startup jabatan bukanlah kunci dari kesuksesan.

corporate : pada corporate jabatan anda akan naik berdasarkan berapa lama anda sudah bekerja di perusahaan tersebut biasanya. proses peningkatan jabatan antara 5-10 tahun masa bekerja, dalam corporate semakin tinggi jabatan anda maka akan dikatakan semakin sukses. tak jarang orang melakukan cara yang tak lazim untuk naik jabatan.

startup vs corporate
dalam segi pengakuan
startup : anda akan merasa keren dengan apa yang aanda dapatkan diusia muda, memiliki perusahaan sendiri dan kebanggaan sendiri. namun banyak dari keluarga maupun teman anda tak akan mengerti apa perusahaan yang anda miliki begitu pula jabatan anda disana.

corporate : anda akan dikenal sebagai seseorang yang bekerja di merk terkenal yang digunakan oleh jutaan orang di dunia. hal ini dapat meningkatkan harga jual anda ketika mencoba mendaftar ke perusahaan lain yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment