Thursday, July 26, 2012

Korban Lapindo Menangis dan Meminta Maaf Cemarkan Nama Ical?? ada apakah Gerangan

Leave a Comment

Halo Sobat Newkoper, kita kembali dalam artikel terbaru blog ala kadarnya ini :D, ada berita mengejutkan lo sobat tentang perjuangan seorang korban lapindo yang rela berjalan kaki dari porong ke sidoarjo akhirnya menangis dan meminta maaf?? penuh misteri sobat... mari kita lihat cuplikan beritanya dibawah ini

Hari Suwandi - Merdeka




Mengejutkan sekali seorang Hari Suwandi, korban Lapindo yang jalan kaki dari Porong, Sidoarjo ke Jakarta tiba-tiba meminta maaf pada keluarga Bakrie. Hari yang 25 hari jalan kaki memperjuangkan nasib korban lumpur Lapindo ini secara mengejutkan tampil di tvOne. Dia menangis telah mencemarkan nama Aburizal Bakrie.

Suwandi tampil dalam acara Apa Kabar Indonesia dan diwawancara Indriarto Pribadi dari tvOne. Istri dan anaknya juga turut tampil dalam acara itu.

"Selama 16 hari di Jakarta tidak ada satu pun pemerintah yang menemui saya. Saya berubah pikiran yang intinya kami sangat menyesali tindakan kami yang melakukan aksi jalan kaki dari Porong-Jakarta untuk meminta pemerintah menyelesaikan ganti rugi lumpur Sidoarjo," ujar Suwandi seperti ditayangkan tvOne, Rabu (26/7). Tayangan soal Suwandi ini masih bisa dilihat di situshttp://video.tvonenews.tv.

Suwandi mengaku hanya dipengaruhi sekelompok orang untuk berangkat ke Jakarta. Dia menyebut orang-orang itu tidak bertanggung jawab dan hanya menjadikannya sebagai tameng. Suwandi sempat menangis saat meminta maaf pada keluarga besar Bakrie. Terutama Aburizal Bakrie yang namanya terus dicemarkan olehnya.

"Saya minta maaf pada keluarga Bakrie. Saya menyesal. Saya minta maaf," ujar Suwandi sambil menangis.

Suwandi mengaku telah sadar akan maksud baik dari keluarga Bakrie. Dia pun berniat pulang ke Sidoarjo setelah minta maaf pada keluarga Bakrie.

"Sekarang saya mau pulang," aku Suwandi.

Suwandi sendiri membantah berubah pikiran karena ditekan keluarga Bakrie atau diming-imingi sesuatu. Dia kini mengaku puas akan ganti rugi yang diberikan Bakrie.

Mengejutkan memang.


Ini sobat pernyataan dari si HARI SUWANDI sang pelaku::

Ya betul saya sangat-sangat menyesal sekali. Pada dasarnya keluarga Bakrie masih mampu menyelesaikan semua permasalahan yang ada di korban Lumpur sidoarjo tepat pada waktunya. Kami Sebagai manusia, tidak luput dari kesalahan.

(menangis) Kami Hari Suwandi meminta maaf yang sebesar-besarnya pada Keluarga Besar Aburizal Bakrie. Khususnya bapak Aburizal Bakrie yang mana dalam perjalanan saya dari Porong sampai Jakarta, saya banyak mencemarkan nama baik bapak Aburizal Bakrie.

Sebagai manusia biasa tak luput dari salah. Sekali lagi saya mohon maaf semua keluarga besar Aburizal Bakrie. Saya ucapkan terimakasih pada keluarga Bakrie. Karena hanya keluarga Bakrie lah yang bisa menyelesaikan permasalahan Sidoarjo. khususnya warga korban lumpur Sidoarjo di Perpres 14 no 2007. Saya mohon maaf dan saya percaya keluarga Bakrie bisa menyelesaikan permasalahan di Sidoarjo.

Kami sering melakukan aksi, selalu mengolok keluarga Bakrie. Bahkan kami pernah datangi keluarga Bakrie, termasuk orangtuanya Bakrie. Tapi itu pun Sekarang kami sangat-sangat menyesal sekali.

Saya melakukan ini reflek karena dorongan ini dari masyarakat tapi mereka hanya menjadikan saya sebagai alat.




kasian ya sobat, padahal jauh2 dari porong ke jakarta malah pulang dengan malu... ini sobat kronologis awal dari perjuangan HARI SUWANDI yang berakhir tragis.....

Kala itu 14 Juni 2012, Hari Suwandi (41), salah satu korban semburan lumpur Lapindo, Sidoarjo, begitu semangat berangkat dari Porong ke Jakarta untuk memperjuangkan hak-haknya yang diabaikan presiden dan pemerintah. Dia pun rela menempuh perjalanan sejauh 827 kilometer dengan berjalan kaki.

Dalam perjalanan panjanganya menuju Jakarta, Suwandi mengaku tak seorang diri. Dia ditemani seorang rekan yang mengawalnya dengan sepeda motor. Dengan kondisi telapak kaki yang mulai kapalan, akhirnya Suwandi tiba di Jakarta pada Minggu 8 Juli siang. Saat itu dia langsung menuju ke kantor KontraS yang terletak di Jalan Borobudur, Jakarta Pusat.

Dengan dana terbatas, Suwandi menyambung hidupnya dengan berjualan VCD korban lumpur Lapindo. Dia juga sempat kecopetan di Rembang, Jawa Tengah. Uang Rp 700 ribu hasil menjual VCD, raib. Walau begitu dia mengaku selalu mendapat sambutan hangat di perjalanan. Masyarakat selalu menolongnya, sekadar memberi makan atau minum.

"Saya bawa uang itu hasil penjualan 100 keping 'compact disc' (CD) tentang kisah nyata tragedi Lumpur Lapindo. Harga setiap keping CD Rp 50 ribu dan saya mendapat Rp 750 ribu. Tapi belum sempat dimanfaatkan, sudah kecopetan," katanya.

Sejumlah rencana sudah dibuat saat menginjakkan kaki di ibu kota. Pertama adalah bisa bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menagih janji orang nomor satu di Indonesia itu.

"Saya besok akan ke Istana untuk menemui Presiden SBY. Saya akan menyampaikan tuntutan warga yang selama ini tidak mendapat ganti rugi," kata Suwandi dengan lantang kala itu.

Pilihan Suwandi yang rela berjalan kaki hingga menghabiskan waktu 25 hari itu pun mengundang kekaguman beberapa pihak. Bahkan ada yang menilai tindakan tak lazim yang dilakukannya itu bukti pemerintah gagal menuntaskan kasus Lapindo.

"Saya cuma menuntut keadilan. Saya hanya pengrajin selama 10 tahun dengan membuat dompet dan tas. Sekarang saya dan banyak pengrajin tidak punya pekerjaan akibat lumpur Lapindo. Begitu juga para buruh tani yang dulu bekerja di sawah," tambahnya.

Suwandi pun menceritakan pengalaman-pengalaman menariknya selama di perjalanan. Di setiap daerah yang disinggahi, Suwandi selalu disambut ramah oleh warga juga organisasi mahasiswa seperti HMI dan GMNI. Bahkan dia pun sering bermalam di markas itu.

"Saya menghabiskan delapan pasang sendal, dan sempat bertelanjang kaki ketika berjalan dari perbatasan Karawang sampai ke Bekasi," kisahnya.

Komentar dingin soal perjalanan Suwandi juga diucapkan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang merupakan pemilik Bakrie Group. Ical, sapaan Aburizal, saat ini hanya mengucapkan selamat jalan pada Suwandi. Dia malah menjelaskan masalah Lapindo sudah selesai berdasarkan putusan pengadilan.

"Selamat berjalan," kata Ical singkat mengomentari aksi Suwandi.

Banyaknya aral melintang yang dihadapi Suwandi, ternyata tidak membuatnya menyerah untuk bertemu SBY di Jakarta. Meski pun pada akhirnya dia memang tidak bisa bertemu dan hanya bisa menyampaikan DPR dan berorasi di depan Gedung Wisma Bakrie 2.

Tapi pada hari Rabu (25/5) kemarin, entah apa yang terjadi tiba-tiba saja Suwandi mendadak lemah saat tampil Apa Kabar Indonesia tvOne dan diwawancara Indiarto Priadi. Dia menangis dan meminta maaf karena telah mencemarkan nama Ical.

Suwandi sendiri membantah berubah pikiran karena ditekan keluarga Bakrie atau diiming-imingi sesuatu. Dia kini mengaku puas akan ganti rugi yang diberikan Bakrie.

"Selama 16 hari di Jakarta tidak ada satu pun pemerintah yang menemui saya. Saya berubah pikiran yang intinya kami sangat menyesali tindakan kami yang melakukan aksi jalan kaki dari Porong-Jakarta untuk meminta pemerintah menyelesaikan ganti rugi lumpur Sidoarjo," ujar Suwandi seperti ditayangkan tvOne, Rabu (26/7). Tayangan soal Suwandi ini masih bisa dilihat di situs http://video.tvonenews.tv.

Suwandi mengaku hanya dipengaruhi sekelompok orang untuk berangkat ke Jakarta. Dia menyebut orang-orang itu tidak bertanggung jawab dan hanya menjadikannya sebagai tameng. Setelah mengalami penyesalan mendadak itu, Suwandi pun lantas ingin pulang kampung saja.

Ada apa dengan Suwandi?


Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/jej...i-jakarta.html


kasian benar itu si mas Hari sobat, mungkin saja ada faktor X yang membuatnya berubah pikiran... mungkin bisa saja dia akan dipermalukan setelah kembali ke desanya.... apakah sobat-sobat tau dan bisa memprediksi apa penyebabnya? mungkin hanya TUHAN yang tau ya sobat... :D

tetap berfikir positif ya sobat...  semoga bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua sobat Newskoper... :D

sampai jumpa di artikel selanjutnya sobat :D
bye ^^

0 comments:

Post a Comment