Saturday, July 28, 2012

Ikan paus terdampar di jawa barat

Leave a Comment
Halo sobat newskoper... kembali lagi kita bertemu dalam artikel terbaru blog abal-abal ini... :D

hei sobat tau ga klo ada peristiwa heboh pada tanggal 25 kemarin? itu lo sobat ada cerita klo ada PAUS terdampar... haaaaa pasti penasaran kan?

mari kita liat liputannya ^^

KARAWANG-Sudah dua hari seekor ikan paus (whale shark) terdampar di Pantai Sompek, Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, Kamis (26/7). Rencananya, paus itu akan diseret ke tengah pantai oleh petugas penjaga Pantai Pakis serta aparat kepolisian setempat dan dibantu nelayan sekitar Pantai Sompek.

Dengan adanya paus yang terdampar, Pantai Sompek menjadi lebih ramai dikunjungi warga. Bahkan sebagian warga pantai membuka warung dadakan di pinggir pantai. Nelayan pun jadi ojek perahu untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi ke lokasi paus terdampar. Ongkos sekali naik perahu ke lokasi paus terdampar hanya Rp5.000. Pengunjung dibawa berputar beberapa kali mengelilingi ikan paus.

Warga banyak yang berdatangan dari luar Kecamatan Pakisjaya, sengaja datang untuk melihat ikan paus yang mempunyai panjang 13 meter serta berat sekitar 8 ton ini. Dari pagi, lokasi paus terdampar penuh dikunjungi warga.

Menurut Nana, seorang nelayan Pantai Sompek Desa TanjungPakis, Kecamatan Pakis Jaya, proses penarikan paus dari pantai menuju tengah laut memakan waktu yang cukup lama. Mereka dari pagi gotong royong menarik paus agar bisa ke tengah laut lagi.

Meskipun pihak penjaga pantai dan kepolisisan setempat turun tangan, proses pemindahan paus cukup sulit. “Ombak pantai yang cukup besar serta banyaknya masyarakat yang melihat mengganggu proses pemindahan ikan paus ke laut lepas,” ujarnya.

Menurutnya, proses penarikan paus sudah menggunakan berbagi cara, salah satunya yang sudah dilakukan yakni dengan menarik paus menggunkan perahu para nelayan, tapi usaha itu nihil.

“Malah kemarin paus berada lebih dekat dengan bibir pantai. Hari ini, proses penarikan dilakukan petugas pantai dengan mengaunakan perahu motor dan petugas yang dilengakapi pelampung di badannya.

Menurutnya, beberapa petugas terjun ke laut untuk membantu penarikan ikan paus. Perlahan badan ikan paus itu bergser ke tengah pantai. “Kami tahu informasi ikan paus terdampar di Pantai Pakis dari mulut ke mulut sejak kemarin sore. Hari inilah kami datang supaya tidak penasaran kalau sudah melihat mah,” tuturnya seorang pengunjung pantai, Dodi, asal Kampung Gandok Kutawaluya.

ini sobat videonya :D


seharusnya itu ditolong ya sobat bukannya malah jadi tontonan...=.="

kasian banget tuh ikan sobat.... semoga segera selamat deh ^^
sumber  :)

0 comments:

Post a Comment