Saturday, February 25, 2012

Fungsi Akses Keypad untuk Microcontroller AVR

Leave a Comment
Salah satu jenis perangkat antar muka yang umum dijumpai pada sistem embedded (atau sistem microcontroller) adalah Keypad matrik (4×4 atau 3×4). Walaupun penggunaannya sangat intensive, tetapi kenyataannya sangat jarang perangkat lunak pengembang yang menyediakan fungsi standar untuk pengaksesan keypad tersebut (sejauh yang saya ketahui).
Walaupun nampaknya sepele, tetapi fungsi pengaksesan keypad ini justru menjadi faktor kunci kenyamanan pengguna sistem embedded yang kita rancang.
Dalam tulisan singkat ini, saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan pada anda para programmer microcontroller, mahasiswa atau embedded system developer dengan menyajikan 3 (tiga) buah fungsi pengaksesan keypad matrik yang menurut saya sangat “clean”, terstruktur, intuitive, dan menghasilkan kode mesin yang minimal.
Fungsi pengaksesan keypad yang nanti tersaji, bukanlah hasil coding murni dari saya tetapi hasil “modifikasi yang lumayan berat ” fungsi pengaksesan keypad dari sumber internet luar negeri berdasarkan hasil “perburuan” yang cukup melelahkan (sayang saya lupa alamat url-nya, karena perburuan dilakukan sekitar tahun 2006-an).
Fungsi pengaksesan keypad ini saya coding-kan dengan bahasa C (compiler: CodeVisionAVR) untuk microcontroller AVR. Jika anda menggunakan microcontroller, Compiler dan jenis keypad yang berbeda dengan yang saya gunakan, maka fungsinya tinggal anda modifikasi sedikit. Interkoneksi keypad dan microcontroller juga dapat disesuaikan secara mudah.
Silahkan anda download file selengkapnya keypad.pdf. Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment